Rabu, 02 November 2011

Ilmu Sosial dasar

Pemerataan dan Kualitas Pendidikan Indonesia
            Indonesia adalah Negara yg sangat kaya akan hasil alamnya. Negara ini ada Negara yg sedang pada pada tahap pembangunan. Pada sector pendidikan, pendidikan di Indonesia masih sangat memperihatinkan. Ini dapat menybabkan beberapa masalah yg dapat ditimbulkan dari p rendahnya pendidikan di Indonesia, seperti akan bertambahkan anak- anak yg tidak dapat membaca dan menulis, bertambahnya tingkat pengangguran di Indonesia, dll.



            Buruknya tingkat pendidikan di Indonesia ini tidak lepas dari peran pemerintah sendiri, pemerintah daerah ataupun pemerintah pusat kurang memperhatikan pendidikan di daerahnya, selain itu gedung-gedung sekolah yg tidak layak untuk digunakan, padahal gedung sekolah ini merupakan hal yg paling mendasar yg harus disediakan agar proses belajar menjadi nyaman. Rendahnya kesejahteraan guru jg menjadi masalah pendidikan di Indonesia, pemerintah harus jg melihat guru, karena banyak guru- guru di yg mengajar di plosok-plosok daerah yg tidak mendapatkan biaya hidup yg cukup.

            Dalam pemerataan tingkat pendidikan di Indonesia, seharusnya masyarakat yg bisa di bilang kekurangan dalam hal biaya seharusnya mendapat perhatian sendiri dari pihak sekolah, dengan memberikan kekurangan biaya pendidikan kepada masyarakat yg kurang mampu, atau memberikan dana BOS, dan jg memberikan beasiswa kepada yg siswa berprestasi dan jg beasiswa kepada siswa yg kurang mampu. Jadi mereka yg kurang mampu masih bisa merasakan pendidikan yg memadai tanpa harus memikirkan biaya pendidikan yg tinggi.

   Masalah yg dapat ditimbulkan dari rendahnya tingkat pendidikan
·         Akan bertambah banyaknya masyarakat yg tidak dpt membaca dan menulis
·         Tingkat kemiskinan akan meningkat, karena dengan semakin rendahnya tingkat pendidikan maka akan semakin susah untuk mendapatkan pekerjaan
·         Tingkat kriminalitas meningkat, karena manusia akan melakukan segala cara agar untuk bias bertahan hidup
·         Penggaguran bertambah

  Solusi dari masalah pendidikan
·         Menyediakan sarana dan prasarana yg memadai
·         Menyediakan anggaran dana untuk pendidikan
·         Meningkatkan kesejahteraan guru



Tidak ada komentar:

Posting Komentar