Senin, 02 Januari 2012

BAB IV


Contoh Kasus Peranan Pemuda dalam Masyarakat

Dalam kehidupan bermasyarakat peranan pemuda sangatlah penting, pemuda mengambil peran yg penting dalam memajukannya suatu bangsa. Generasi tua memilikim keterbatasan dalam memajukan suatu bangsa, maka generasi mudalah yg harusmengambil banyak peran dalam memajukan suatu bangsa. Banyak peranan yg bisa dilakukan pemuda dalam masyarakat baik itu peranan positif ataupun peranan negative. Tapi dalam memajukan bangsa pemuda diharuskan banyak mengambil peranan positif. Peranan pemuda dalam suatu bangsa akan dipandang oleh bangsa lain, baik itu pandangan positif ataupun pandangan negative.

            Contoh kasus peranan pemuda dalam masyarakat adalah pemuda dapat berperan aktif dalam pemberantas korupsi. Di Negara – Negara yg sedang berkembang khususnya Indonesia khasus korupsi adalah kasus yg paling banyak dijumpai. Pemuda dapat mengambil peranan yg besar dalam kasus korupsi ini. Contoh pemuda dapat menggerakan gerakan anti korupsi yg beranggotakan siswa – siswa ataupun para mahasiswa. Ataupun pemuda jg bisa masuk kedalam sebuah instansi pemerintahan yg sedang dalam menangani kasus – kasus korupsi.

            Pemerintah jg mengambil peran dalam kasus ini, pembinaan dari pemerintah dalam membentuk pemuda – pemuda yg prorakyat, juga pembinaan pembentukan mental yg kuat kepada pemuda. Peran positif pemuda dalam suatu bangsa akan membuat pandangan yg positif jg dari bangsa – bangsa lain, sebaliknya peran pemuda yg negative akan membuat pandangan negative jg dari bangsa – bangsa lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar