Tugas 3
Tugas.? Kita sering mendengar kata
ini, terlebih bagi seorang peljar dan juga para pekerja, namun mungkin baru
sedikit yg mengetahui apa dari arti kata tugas ini. Bahasan kali ini, akan
membahas apa itu tugas, jenis-jenis analisis tugas dll
Jenis-Jenis Analisis Tugas
·
Analisis
Tugas adalah proses menganalisa, menggambar, melaksanakan
dan memeriksa tugas-tugas tersebut.
·
Komponen adalah
aktivitas, artifak dan hubungan
·
Fokus
Analisis Tugas adalah fokus yang mencakup kepada lingkungan
·
Input
dan Output adalah pengumpulan data dan eprentasi data dokumentasi
·
Interview adalah
terstruktur, tidak terstruktur dan semi struktur
·
Observasi adalah
merekam apa yang terjadi, mencatat bagian-bagian yang di anggap penting
·
Reprentasi
Data adalah daftar, ringkasan dan naratif
·
Contoh
Pengelompokkan Tugas adalah fixed sequence, optinal tasks, waiting
events, cycles, time sharing, discreationary.
Sumber dan Penggunaan Informasi
Sumber informasi adalah data. Data merupakan bentuk yang
masih mentah dan perlu diolah lebih lanjut. Data terdiri dari fakta-fakta dan
angka-angka yang secara relatif tidak berarti bagi pemakai, tetapi dapat diolah
melalui suatu model untuk dihasilkan informasi.
·
Kelompok
dalam Informasi : Informasi Strategis, Informasi Taktis, Informasi Teknis
·
Informasi
yang Berkualitas : Akurat, Tepat Waktu, Relevan.
Fungsi informasi suatu organisasi adalah suatu fungsi
informasi bagi suatu organisasi yaitu memberikan kejelasan mengenai sesuatu hal
yang sudah, sedang dan yang akan dihadapi oleh organisasi.
Data Input dan Output
Input dan Output adalah bagian dari hardware dan software yang
dimana saling terkait, yaitu bagian yang ada di dalam Pesawat Telepon Selular,
untuk memberikan perintah kepada Telepon Selular agar berjalan dengan baik.
Bilamana informasi data input sudah tidak benar maka outputnyapun tidak akan
memberikan perintah dengan benar kepada seluruh komponen hardware maupun
software. Input data dilakukan
Input data dilakukan
seperti memberikan perintah Up-Gradeataupun Downgrade, dan kemudian masing-masing
komponen software maupun hardware mengolah dan di proses lalu mengeluarkan
perintah seperti merubah versi, menambah aplikasi bahas, gambar ataupun berupa
suara.
Dan ketika ingin mengambil atau mengirim data yang ada pada komputer
akan secara otomatis semua komponen yang ada pada Pesawat Telepon Selular akan
melakukan Input dan Output. Jika proses yang akan dilakukan mengupgrade atau
downgrade data yang dikirim dari komputer kedalam Pesawat Telepon Selular akan
diproses terlebih dahulu didalam alat flasher, agar supaya data yang akan
dikirim akan sesuai dengan yang dibutuhkan oleh Pesawat Telepon Selular
Evaluasi dan Kognitif
Evaluasi merupakan
kegiatan yang membandingkan antara hasil implementasi dengan kriteria dan
standar yang telah ditetapkan untuk melihat keberhasilannya. Dari evaluasi
kemudian akan tersedia informasi mengenai sejauh mana suatu kegiatan tertentu
telah dicapai sehingga bisa diketahui bila terdapat selisih antara standar yang
telah ditetapkan dengan hasil yang bisa dicapai.
Berikut ini adalah pengertian
dan definisi evaluasi:
# MEHRENS & LELMAN, 1978
Evaluasi adalah suatu proses dalam merencanakan, memperoleh, dan
menyediakan informasi yang sangat diperlukan untuk membuat alternatif -
alternatif keputusan
# GRONLUND, 1975
Evaluasi adalah suatu proses yang sistematis untuk menentukan
tujuan atau membuat keputusan sampai sejauh mana tujuan - tujuan pengajaran
telah dicapai oleh siswa
# WRIGHTSTONE dkk, 1956
Evaluasi ialah penaksiran terhadap pertumbuhan dan kemajuan siswa
ke arah tujuan - tujuan atau nilai yang telah ditetapkan
# I KETUT GEDE YUDANTARA
Evaluasi merupakan kelanjutan dari suatu rencana kerja yang
peranannya sangat dibutuhkan karena evaluasi merupakan latihan yang memperkaya
logika dan analisa
# SUDIJONO, 1996
Evaluasi pada dasarnya merupakan penafsiran atau interpretasi yang
bersumber pada data kuantitatif, sedang data kuantitatif merupakan hasil dari
pengukuran
# ENDANG SRI ASTUTI & RESMININGSIH
Evaluasi merupakan pemikiran kritis terhadap keberhasilan dan
kekurangan dalam sebuah program pengembangan diri yang telah dilakukan
seseorang
# DONNA L. WONG
Evaluasi adalah langkah terakhir dalam proses pembuatan keputusan
# NURSALAM
Evaluasi adalah proses stimulasi untuk menentukan
keberhasilan
# Hj. SAMINEM, SKM
Evaluasi adalah seperangkat tindakan yang saling berhubungan untuk
mengukur pelaksanaan dan berdasarkan pada tujuan dan criteria.
Kognitif diartikan potensi intelektual yang
terdiri dari tahapan : pengetahuan (knowledge), pemahaman (comprehention),
penerapan (aplication), analisa (analysis), sintesa (sinthesis), evaluasi
(evaluation). Kognitif berarti persoalan yang menyangkut kemampuan untuk
mengembangkan kemampuan rasional (akal).
Teori kognitif lebih menekankan bagaimana proses atau upaya untuk mengoptimalkan kemampuan aspek rasional yang dimiliki oleh orang lain.
Teori Perkembangan Kognitif menurut “Jean piaget “
Teori Jean Piaget tentang perkembangan kognitif
memberikan batasan kembali tentang kecerdasan, pengetahuan dan hubungan anak
didik dengan lingkungannya. Kecerdasan merupakan proses yang berkesinambungan
yang membentuk struktur yang diperlukan dalam interaksi terus menerus dengan
lingkungan. Struktur yang dibentuk oleh kecerdasan, pengetahuan sangat
subjektif waktu masih bayi dan masa kanak – kanak awal dan menjadi objektif
dalam masa dewasa awal.
Piaget juga memberikan proses pembentukan pengetahuan
dari pandangan yang lain, ia menguraikan pengalaman fisik, yang merupakan
abstraksi dari ciri – ciri dari obyek, pengalaman logis matematis atau
pengetahuan endogen disusun melalui proses pemikiran anak didik . Sruktur
tindakan, operasi kongkrit dan operasai formal dibangun dengan jalan logis –
matematis.
Dari aspek tenaga pendidik misalnya. Seorang guru
diharuskan memiliki kompetensi bidang kognitif. Artinya seorang guru harus
memiliki kemampuan intelektual, seperti penguasaan materi pelajaran,
pengetahuan mengenai cara mengajar, pengetahuan cara menilai siswa dan
sebagainya.
Faktor yang Berpengaruh dalam Perkembangan Kognitif, yaitu
:
1.
Fisik
Interaksi antara individu dan dunia
luat merupakan sumber pengetahuan baru, tetapi kontak dengan dunia fisik itu
tidak cukup untuk mengembangkan pengetahuan kecuali jika intelegensi individu
dapat memanfaatkan pengalaman tersebut.
2.
Kematangan
Kematangan sistem syaraf menjadi
penting karena memungkinkan anak memperoleh manfaat secara maksimum dari
pengalaman fisik. Kematangan membuka kemungkinan untuk perkembangan sedangkan
kalau kurang hal itu akan membatasi secara luas prestasi secara kognitif.
Perkembangan berlangsung dengan kecepatan yang berlainan tergantung pada sifat
kontak dengan lingkungan dan kegiatan belajar sendiri.
3.
Pengaruh
social
Lingkungan sosial termasuk peran
bahasa dan pendidikan, pengalaman fisik dapat memacu atau menghambat
perkembangan kognitifnya.
Kesimpulan
Tugas merupakan proses menganalisa,
menggambar, melaksanakan tugas tugas tersebut. Dengan mengetahui pengertian
tersebut kita diharpkan bias lebih memahami apa yg dimaksud dan jenis-jenis
tugas itu sendiri.
Sumber
Tidak ada komentar:
Posting Komentar